Selasa, 03 April 2012

kenaikan harga BBM apakah sudah mentok ?

Jika kita boleh berpikir dan mengusulkan kepada pemerintah dalam menanggapi rencana kenaikan harga BBM. Saya ingin sekali mengusulkan kenapa tidak menekan laju pertumbuhan kendaraan pribadi yang sekarang jumlahnya sangat tidak seimbang dengan laju pertyambahan dan perbaikan sarana jalan yang ada di Indonesia. Seperti di Ponorogo tempat saya tinggal misalnya, jumlah pertumbuhan angka kendaraan bermotor khususnya sepeda motor rata – rata pertambahan angka kendaraan baru mencapai angka 30 setiap harinya, bandingkan dengan sarana jalan yang ada, sama sekali tidak seimbang, dampaknya adalah semakin tingginya angka kecelakaan lalu lintas terjadi di setiap harinya. Dan kesan yang muncul adalah seolah-olah pemerintah seperti menikmati pertambahan pajak devisa daerah maupun Negara, dengan pertambahan import kendaraan yang baru.
Pendidikan Boros
Maklum saja hanya dengan 500 ribu rupiah orang sudah bisa mendapatkan sepeda motor baru, dengan DP uang 20 s/d 30 juta mobil baru sudah bisa ditangan dan langsung Inreyen. Bukankah ini adalah perwujudan pemborosan BBM, seolah –olah masyarakat dibodohkan untuk mengosumsi BBM sebanyak mungkin, dan pemerintah sewaktu-waktu dapat menaikkan harga BBM yang menimbulkan efek domino harga kebutuhan pokok masyarakat juga ikut naik. Kenapa pemerintah tidak menaikkan pajak kendaraan bermotor saja, sehingga laju pertumbuhan kendaraan dapat ditekan, namun disertai dengan meningkatkan pelayanan publik disertai peningkatan fasilitas pelayanan umum seperti angkutan umum, dan sarana maupun kwalitas jalan yang baik. Jangan ajari masyarakat kita untuk bersifat boros,gengsi, senang konsumtif, dan rajin konsumsi ketimbang produksi.
Tingkatkan Pelayanan Umum
Coba berpikir seumpama kwalitas pelayanan angkutan umum yang baik didukung dengan prasarana jalan yang sangat baik sampai kepelosok daerah, apa yang akan terjadi ? dampaknya adalah pertumbuhan ekonomi akan meningkat kwalitas produksi juga akan ikut meningkat pula. Lihat saja dengan keberhasilan anak-anak SMK dalam membuat mobil KIAT ESEMKA, kenapa pemerintah tidak memberikan bantuan agar masyarakatnya mampu berproduksi, dan menghasilkan karya yang mampu dibanggakan dalam dunia internasional. Apakah akan seterusnya kita dijajah oleh bangsa lain dengan bangga menggunakan produk-produk luar negeri. Menaikkan harga BBM bukan solusi yang tepat Bapak Pemerintah, yang tepat adalah menekan bagaimana bangsa kita agar tidak boros dalam menggunakan energi utamanya BBM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar